REVOLUSI BELAJAR CEPAT ABAD 21 BERDASARKAN RISET TERBARU PARA ILMUWAN

Saat sekarang ini dikenal dengan zaman informasi,  dimanainformasi hadir dalam hitungan detik. Sehingga informasi dating dengan sangat cepat dan berlebihan. Ketika seseorang tidak dapat belajar dengan cepat, dan tidak kreatif, ia hanya akan menjadi orang yang tertinggal. Semua orang adalah cerdas,bila anda merasa kurang cerdas, anda hanya perlu melatih otak dengan cara yang lebih baik. Sehingga menemukan kecerdasan yang masih terpendam dalam otak anda.Siapapun kita, anda dan dalam kondisi apapun anda, kita bisa menjadi lebih cerdas dari saat ini

ADALAH FAKTA YANG SEDANG TERJADI PADA ABAD 21 INI

1.Adanya serbuan informasi

2.Dunia terusberubah

3.Jenis jenis pekerjaan menghilang dengan kecepatan tak terbayangkan

4.Kehidupanmasyarakat semakin kompleks

5.Zaman ketidakpastian

6.Masa lalu semakin tidak dapat dijadikan sebagai pedoman bagi masa depan

Artinya abad 21 akan bergantung terutama sejauh mana kita dan anak anak kita  mengembangkan ketrampilan yang tepat untuk menguasai kekuatan kecepatan, komplesitas, dan ketidakpastian, yang saling berhubungan satu sama lain. Itu semua tergantung pada diri kita.

Serbuan infprmasi menuntut dan mensyaratkan kemampuan, belajar yang lebih cepat. Kompleksitas dunia yang terus menungkat juga menuntut kemampiuan yang

Sesuai untuk menganalisis setiap situasi secara logis dan memecahkan masalah secara kreatif.

Rasionalisasi

Apakah anda memiliki anak anak usia sekolah atau tidak, urusan pendidikan amat sangat pening dan mendesak untuk anda perhatikan. Pendidikan mempengaruhi anda sebagai pembayar pajak, warga negara, dan tenaga kerja.

Capaian pendidikan yang rendah,ketrampilan analitis dan kerampilan pengambilan keputusan yang parah mengantarkan kepada ketergantungan ekonomi. Dimasa mendatang sebuah bangsa yang sebagian besar penduduknya tidak dapat berfungsi dalam sebuah dunia yang berteknologi tinggi akan berarti kerugian besar akibat angka pengangguran yang tinggi, biaya kesehjahteraan yng tinggi,  serta ongkos pengendalian kejahatan tinggi, bhkan mungkin biya perawat

an  kesehatan yang tinggi.( mengapa ? karena terdapat korelasi antara masalah pendidikan dengan kesehatan ).

Pekerjaan yang paling bernilai di masa depan  adalah ” pekerjaan otak ” atau pekerjaan yang memerlukan baqkat yang besar dan terlatihbaik dalam bidang seni,

Didunia musik,olah raga misalnya. Pekerjaa yang berulang dan mekanisasi akan diambil alih oleh mesin mesin yang dikendalikan komputer, atau dieksport ke negara negara berpenduduk padat dimana penduduknya dipersiapkan untukbeker ja dengan upah rendah dan dimana pemerintah menawarkan insentif insentif besar bagi dunia bisnis. Itu menunjukan bahwa sedikit sekali lapangan pekerjaan yang tersedia bagi orang yang berpendidikan rendah dan lebih mengandalkan ototnya.

ABAD 21 DAN PARADIGMA PENDIDIKAN

Sudah seharusnya setiap orang terpacu untuk mengadakan perubahan kerah yang lebih baik. Namun sayangnya, tampaknya,pendidikan kita kurang mendukung secara penuh terhadap hal iini. Sekarang ini, sebagian besar sistem persekolahn kita masih memfokuskan perhatiannya pada bagaimana memutuskan apa yang harus dipelajari anak anak dan bagaimana mereka harus berfikir. Kita juga  masih diajarkan  konsep pendidikan linear (searah ), kemampuan seseorang masih diukur berdasarkan tingkat ketrampilan linguistik dan logis matematis, dan sumber daya manusia hanya diukur sebatas IQ.

Walaupun kenyataannya ada perubahan, tapi perubahan itu baru mencakup individu individ, belum banyak masuk ke ranahinstitusi yang lebih luas seperti sekolah, keluarga, dan masyarakat pada umumnya. Orang bijak berkata ” didiklah anakmu sesuai dengan zamannya, hendaknya kita perhatikan baik baik ”. Karena dunia anak anak kita berbeda dengan dunia kita.

Menurut saya proses perubahan yang begitu cepat seperti saat sekarang ini bila kita tidak mempersiapkan konsep konsep yang jelas terhadap perubahan itu maka pada akhirnya

akan terklasifikasikan menjadi

  1. Progress dan Regress
  2. Revolusi dan Evolusi
  3. Direncanakan dan Tidak direncankan
  4. Berpengaruh luas dan berpengaruh sempit.

Oleh karena itu yang harus menjadi prioritas utama kita adalah mengajar anak anak kita bagaiman cara belajar dan bagaimana cara berfikir

Akhirnya hanya dengan ” dua ketrampilan super” inilah kita daapat mengatasi perubahan dan kopleksitas serta menjadi manusia yang secara ekonomi tak bergantung – dan tidak akan menganggur pada abad 21. Hanya dengan cara itulah, anda memilik ketrampilan inti untuk mewujudkan kebahagiaan hubungan kemanusiaan yang mantab dan pertumbuhan yang wajar. Kemampuan anda meraih sukses berbanding lurus dengan kemapuan anda belajar.

WARISAN GENEOLOGIS BUKANLAH PENYEBAB BODOH ATAU PINTARNYA

ANDA.

Kita sering mendengar ungkapan atau semacam pernyataan dari seseorang ” seorang anak itu bodoh atau pintar karena warisan dari orang tuanya.Perkataan tersebut hanyalah mitos belaka. Kenyataanya tidaklah demikian, Bodoh atau pintarnya anda atau kita tidaklah sepenuhnya warisan dari keturunan. Buktinya, banyak orang tua yang hanya lulusan sekolah dasar,tetapi ternyata anaknya memiliki kecerdasan luar biasa. Banyak orang tua yang berpendidikan tinggi tapi anaknya pemalas dan bodoh. Namun terdapat juga suatu kemungkinan bahwa orang tuanya jago matematika, anaknya juga pinter matematika, namun semua itu sebetulnya yang mempunyai peranan penting lingkunganlah yang menjadikan anak itu pinter dan bodoh. Ingat ungkapan  Dr. Mirian Diamond   :

Otak dapat berubah secara positif jika dihadapkan pada lingkungan yang diberi rangsangan ,Sebaliknya otak dapat menjadi negatif jika tidak diberi rangsangan.

SATU DIANTARA SEKIAN ANUGERAH TUHAN

Tuhan telah memberikan kita otak yang sungguh luar biasa hebatnya, kapaistas dasar otak manusia hampir tidak terhingga dan dapat digunakan untuk segala maksud dan tujuan. Namun kebanyakan orang hanya menggunakan sepersekian potensi sejatinya, setidaknya karena 3 alasan :

  1. Mereka merasa tidak percaya diri
  2. Mereka tidak memiliki poendekatan belajar yang tersusun baik
  3. Mereka tidak mengetahui cara menggunakan gaya belajar, dan rentang kecerdasan yang sesuai dengan dirinya.

Sebuah solusi awal yang dikembangkan oleh ” Dobbi Deporter ” dengan membuat akronim TANDUR sebagai kerangka belajar dan mengajar interaktif lewat Quantum Learning, yang dimaksudkan adalah

  1. TUMBUHKAN
    1. Tumbuhkan minat belajar siswa dengan memuaskan rasa ingin tahu siswa

dalam bentuk AMBAK ( apakah manfaatnya bagiku, jikia aku mengikuti pelajaran ini ).

    1. Menumbuhkan suasna yang menyenangkan di hati siswa,dalam suasana
    2. Rileks, tumbuhkaninteraktif dengan siswa yang menyenangkan, ikuti alam

pikiran mereka lalu bawa kealam pikiran kita.

    1. Tumbuhkan niat yang kuat pada diri anda  bahwa anda akan menjadi

partner yang menyenangkan dalam proses pembelajaran.

e..  Tumbuhkan strategi mengajar dengan memanfaatkan seluruh potensi

ada didalam kelas, diluar kelas, didalam sekolah dan diluar sekolah.

  1. ALAMI
    1. Kembangkan hasrat alamiah otak untuk menjelajahi keingintahuan
    2. Kita cari cara terbaik agar siswa memahami informasi
    3. Kegiatan apa yang dapat diberikan agar pengeahuan dan ketrampilan yang

sudah dimiliki siswa meningkat.

  1. NAMAI

Setelah melalui pengalaman belajar pada topik tertentu, ajak mereka menu

lis dikertas, menamai apa saja yang telah mereka peroleh, apakah itu infor

masi, rumus, pemikiran, tempat dan sebagainya, dan ajak mereka menem

pelkan nama namatersebut di dinding kelas atau mumgkin didinding

kamar tidurnya.

  1. DEMONSTRASIKAN

Ingakah ketika pertama kali anda belajar memakai sepatu roda ? pasti anda mencoba dan jatuh ( ini adalah sebuah pengalaman ), Demikian juga seorang siswa melalui pengalaman belajar siswa mengerti dan mengetahui bahwa diia memliki kemampuan ( komptensi ) dan informasi( nama) yang cukup.Sudah saatnya saat sekarang ini seorang siswa harus mendemonstrasikan di hadapan guru, teman atau saudara saudaranya.

  1. ULANGI

Pengulangan memperkuat koneksi saraf dan menumbuhkan rasa ” aku tahu bahwa aku tahu ini dst! Dan pengulangan itu sendiri sebaiknya menggunaka mmulti kecerdasan

  1. RAYAKAN

Perayaan  adalahekspresi atau kelompok seseoang yang telah berhasilkan mengerjakan tugas

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: