LET’S LEARN TO HISTORY

WHAT A HISTORY, ilmu pengetahuan yang mengajarkan tentang nilai nilai dan prooses perubahan serta perkembangan masyarakat Indonesia maupun Dunia dari masa lampau hingga sekarang. Ketika sejarah berperan sebagai kisah maka penggambaran yang muncul adalah merekonstruksikan kembali peristiwa masa lampau dengan segala kekurangan dan kelebihannya.

Namun pada saat sejarah berperan sebagai peristiwa dalam artian yang obyektif maka harus dapat seobyektif mungkin mengurai,menggambarkan peristiwa itu sendiri.

WHY, Mengapa kita harus belajar sejarah ?

Sudahkah terlintas pada dalam alam pikiran kita tentang siapakah kakek moyang kita, mengapa suatu revolusi harus terjadi dalam kehidupan manusia, mengapa harus terjadi perang Diponegoro, mengapa harus terjadi Proklamasi Kemerdekaan Indonesia, mengapa harus terjadi Reformasi, bagaimana pula masyarakat bangsa Indonesia dalam merumuskan POLTRANAS dalam menghadapi kepentingan Internasional dan Regional terhadap Indonesia. Pernahkah terlintas pada otak kita, masih adakah bangsa ini dalam satu dekade kedepan, masihkah suatu level generasi kita nanti mengenal dan menggunakan ideologi Pancasila, masih utuhkah konteks Negara Kesatuan Republik Indonesia serta budaya bangsa initanpa secuilpun wilayah kita dijarah bangsa lain ?

masikah anak bangsa ini dalam predikat melarat, miskin dan bodoh, huallahualam.

Paling tidak kita dengan belajar sejarah akan menuntun kita menjadi anak bangsa yang bijaksana dalam melangkah, dalam mengambil tindakan dan keputusan.

MANFAATNYA KITA MEMPELAJARI SEJARAH,

Pernahkah anda merasa bahwa dengan mempelajari, menguasai sejara………………., anda dapat melihat tidak hanya masa sekarang tetapi juga dimasa yang akan datang, dimasa depan. Atau pernahkah tiba tiba anda sadari, telah terjadi peristiwa yang pernah terjadi sebelumnya ? Hal tersebut terjadi karena pada dasarnya setiap peristiwa memiliki pola atau garis garis tertentu yang membentuk terjadinya peristiwa tersebut.

Belajar sejarah pada dasarnya sama halnya dengan belajar melalui pengalaman sehari hari. Bukankah lebih baik jika setiap orang mau belajar dari pengalamannya untuk menghadapi dan memecahkan dan masalah baru agar mendapatkan hasil yang terbai. Pada akhirnya kita akan mampu berfikir secara kronologis dan memiliki pengetahuan tentang masa lampau yang dapat digunakan untuk memahami dan menjelasakan proses perkembangan, perubahan masyarakat, serta keragaman sosial budaya dimasa yang akan datang.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: